Pengertian SEO, SEM, SMO, dan SMM



  1. SEO (Search Engine Optimization) adalah metode optimasi yang membantu meningkatkan kemampuan suatu website untuk dicatatkan pada halaman pertama dari hasil pencarian organik. Banyak sekali buku atau artikel yang membahas tentang SEO, tetapi semua adalah untuk satu tujuan dan jika kita tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building berkualitas, maka itu adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan pengunjung website di search engine. Dalam bahasa yang sederhana, Anda ingin membuat konten yang unik, segar dan berkualitas untuk pengunjung website Anda dan kemudian Anda ingin membangun link berkualitas dari situs yang relevan ke konten yang spesifik yang telah Anda buat. Tentu saja, SEO melibatkan banyak pekerjaan dan ada banyak buku yang membahas tentang hal tersebut, tetapi jika Anda tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building berkualitas, maka Anda mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan pengunjung website Anda pada hasil pencarian organik atau Anda juga bisa menggunakan jasa SEO profesional Mindreach Consulting untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.

  1. SEM  (Search Engine Marketing), istilah ini sering di sama artikan dengan SEO, memang kedua istilah ini memiliki asal & makna yang sangat dekat, tetapi mereka berbeda satu sama lain. SEM adalah Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan suatu website. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka. SEM biasanya melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online. SEM melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online. Proses ini melibatkan pembuatan kampanye dan pengukuran hasil kampaye. Anda menetapkan anggaran dan berharap akan cepat mengembalikan investasi. Ini juga merupakan cara tercepat agar website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Hasil ini muncul sebagai iklan yang disponsori di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.

  1. SMO (Social Media Optimization) adalah teknik optimasi dengan meningkatkan visibilitas profil pada social media. Aktivitas jejaring sosial yang dipublikasikan akan dengan mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten kita. Sosial Media Optimization juga dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog dengan menyertakan link yang ingin di masukan. Intinya adalah, Anda harus membangun profil online melalui jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang Anda buat di website atau blog Anda. Selain itu, Anda dapat  menambahkan tombol share social media untuk memungkinkan orang lain untuk dengan mudah berbagi konten Anda.

  1. SMM (Social Media Marketing) Mirip dengan SEM, SMM singkatan Social Media Marketing. Dan seperti yang Anda bisa tebak,  itu melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Jika Anda sudah familiar dengan iklan Facebook, maka itu merupakan SMM. Ini adalah proses menggunakan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan meningkatkan eksposur merek Anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sistem, Data, Sistem informasi, dan Analisis sistem

Inovasi Alat Pengindera Polusi Pintar

Lambang Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Gunadarma